Tuesday, November 15, 2016

Sistem Pemerintahan Rusia

Negara Rusia adalah nehara yang berbentuk komunis sosialis, dan memiliki tiga lembaga primer, yaitu lembaga eksekutif, lembaga legislatif, dan lembaga yudikatif.

Lembaga Legislatif
Lembaga legislatif Rusia di pegang oleh Dewan Federasi, Majelis Federal, dan Duma Negara. Dewan Federasi terbentuk oleh dua perwakilan dari masing-masing konstituensi. Majelis Federal dibentuk oleh wakil dan badan legislatif federasi Rusia. Dan, Duma Negara dibenruk oleh 450 deputi dan dipilih untuk jangka empat tahun yang deputinya dipilih dari warga yang berumur diatas 21 tahun yang memiliki hak untuk menyalonkan diri.

Lembaga Eksekutif
Lembaga eksekutif berbentuk pemerintahan federasi Rusia. Dan penguasaan tertinggi di pegang oleh Presidium yang terbentuk oleh Presiden, Deputi ketua pemerintah federasi Rusia, ketua pemerintah federasi Rusia, perdana menteri federasi Rusia, dan menteri federasi Rusia.

Lembaga Yudikatif
Lembaga Yudikatif tertinggi dipegang oleh Mahkamah Agung yang bertugas untuk menangani kasus yang bersifat perdata, pidana dan administratif. Selain Mahkamah Agung, lembaga yudikatif dipegang juga oleh Mahkamah Konstitusi, yang bertugas untuk menangani masalah perselisihan antara lembaga eksekutif dan lembaga legislatif.



- Rachel Salaka (12B)

No comments:

Post a Comment